BPJS adalah program asuransi kesehatan dari pemerintah yang bertujuan menanggulangi risiko kesehatan. Semua peserta BPJS diharuskan untuk membayar angsuran atau premi yang sudah disepakati. Cara membayar BPJS kini juga lebih mudah. Selain tersedia cara bayar BPJS lewat ATM, ada juga cara bayar BPJS lewat Indomaret dan berbagai cara lainnya.

1.     Membayar BPJS Lewat ATM

ATM (Anjungan Tunai Mandiri) adalah salah satu sarana pembayaran e-money yang juga berlaku untuk pembayaran angsuran BPJS atau premi. Saat ini, Anda dapat dengan mudah menemukan ATM dari berbagai bank, sehingga termasuk cara mudah untuk membayar angsuran tepat waktu. Anda bisa membayarnya via ATM mandiri atau ATM bersama.

Cara membayarnya adalah dengan memasukkan kartu ATM seperti biasa, ketik pin, lalu pilih menu pembayaran. Selanjutnya, pilihlah menu BPJS dan pilihlah BPJS kesehatan. Proses berikutnya, masukkan nomor virtual account dan pilihlah berapa bulan angsuran yang akan dibayarkan dan juga kelas yang diikuti. Setelah itu, angsuran pun terbayar.

2.     Membayar BPJS Via Minimarket

Selain melalui ATM, Anda bisa dengan mudah membayar angsuran BPJS melalui minimarket. Hal ini akan memudahkan Anda, khususnya yang tidak mempunyai rekening bank. Minimarket yang bekerja sama dengan pihak BPJS adalah Alfamart, Indomaret, dan gerai lainnya yang punya banyak cabang. Alternatif pilihan cara bayar ini mudah dilakukan.

Anda tinggal datang ke minimarket terdekat, kemudian bilang ke kasir bahwa Anda akan membayar angsuran BPJS. Kasir akan menanyakan momor BPJS beserta nomor ponsel. Kasir akan memasukkan nomor BPJS tersebut dan Anda tinggal membayar dengan uang tunai beserta uang administrasi sebesar Rp2.500,00. Ambil struk bukti pembayaran BPJS.

3.     Membayar Lewat Kantor Pos

Pembayaran angsuran BPJS juga bisa dilakukan lewat kantor pos terdekat. Datang saja ke kantor pos dengan membawa kartu peserta BPJS dan KTP. Utarakan ke petugas bahwa Anda ingin membayar angsuran BPJS.

Petugas akan memproses pembayaran dengan menanyakan nomor peserta BPJS dan memasukkannya ke komputer yang telah terkoneksi dengan database milik BPJS. Setelah proses selesai, bayarkan uang tunai dan ambil struk pembayaran. Untungnya, pembayaran via kantor pos ini bebas biaya administrasi.

4.     Membayar Secara Online

Pembayaran non tunai secara online juga berlaku untuk melunasi angsuran BPJS. Anda hanya perlu mengakses situs resmi atau aplikasi BPJS. Setelah mengakses, pilihlah menu tagihan dan isi ulang, lalu pilih BPJS kesehatan. Sesudah itu, masukkan nomor virtual account Anda, pilih kelas yang diikuti, dan pilih sampai bulan apa angsuran akan dibayar.

Agar bisa mengajukan klaim ketika terjadi risiko kesehatan, Anda harus membayar premi atau angsuran secara rutin. Jumlah yang harus dibayarkan juga sudah disepakati sebelumnya. Selain cara bayar BPJS lewat ATM, Anda bisa bayar lewat beberapa cara lainnya tersebut. Cara bayar BPJS lewat Indomaret juga tak kalah mudahnya.

More Article

-no article found-