Dengan Pembinaan UMKM di Indonesia, Jangan Takut Berkembang

Peluang bisnis UMKM sekarang maju pesat. Usaha apa pun apabila ditekuni akan membuahkan hasil yang sepadan. Pembinaan UMKM di Indonesia pun mulai rajin disuarakan. Salah satunya pemberdayaan UMKM oleh pemerintah lewat badan dan lembaganya. Tujuannya untuk membentuk pengusaha baru di Nusantara. Apa saja?

Pembinaan oleh Diskumnaker

Diskumnaker atau Dinas Koperasi, Usaha Mikro, dan Tenaga Kerja cukup aktif memberikan pembinaan UMKM untuk masyarakat. Penerapannya sudah menyeluruh per kabupaten di tiap-tiap provinsi. Mayoritas dalam bentuk pelatihan gratis demi meningkatkan SDM. Termasuk bantuan modal pula bagi yang serius menjalankan UMKM.

Sejauh ini, sudah ada 1.700 lebih UMKM baru berkat pembinaan dari Diskumnaker. Ke depannya, ditargetkan bisa lebih banyak lagi. Diskumnaker menyasar UMKM yang dikerjakan secara berkelompok. Jadi per kelompok akan didanai 200 juta Rupiah. Asalkan dikelola dengan maksimal untuk mendapatkan bantuan lebih dari pemerintah.

Pembinaan UMKM lewat BUMN

Badan pemerintah BUMN juga turut andil dalam membina generasi kreatif Indonesia. Penanggung jawabnya percaya, bahwa sektor UMKM amat mampu mengubah wajah perekonomian Indonesia di masa depan. Meskipun bisa ditangani sendiri, BUMN juga merangkul pihak-pihak swasta yang ada di Indonesia.

Selanjutnya, produk yang dihasilkan berkat adanya UMKM di bawah binaan BUMN akan disinergikan dengan baik ke masyarakat luas. Produknya berupa digital, produk fisik, sampai pelayanan berbasis telekomunikasi. Bahkan karena bisnis UMKM semakin maju, maka tidak mau ketinggalan dengan menggandeng beberapa bank konvensional di Indonesia.

Pembinaan UMKM lewat Perguruan Tinggi

Geliat UMKM yang semakin menjadi-jadi itu membuat pemerintah lebih semangat dalam melakukan pendekatan dengan pihak-pihak swasta. Salah satunya berasal dari perguruan tinggi, khususnya PTS. Pihak pemerintah yakin, bahwa minat untuk bikin UMKM mandiri di kalangan mahasiswa cukup tinggi. “Daripada melamar, bukankah lebih baik buka kerja?”

Perguruan tinggi yang disasar terutama yang berada di daerah-daerah. Hal itu dikarenakan jangkauan pemerintah terbatas di kota-kota. Tentu saja soal pemberian dana untuk modal usaha tetap dijalankan. Pemerintah senang sekali andaikata tidak ada pengangguran lagi di Tanah Air. Apa pun bentuk dukungan perguruan tinggi terhadap UMKM, wajib diapresiasi.

Adanya pemberdayaan UMKM oleh pemerintah merupakan langkah yang bagus untuk menatap masa depan perekonomian Indonesia. Pembinaan UMKM di Indonesia tersebut diharapkan terus berlanjut tanpa putus. Tujuannya sederhana, yakni mengubah mindset “mencari kerja” jadi “membuka lapangan pekerjaan” untuk beberapa kalangan.

More Article

-no article found-