Perkembangan fintech di Indonesia mampu memudahkan transaksi ekonomi. Sistem keuangan berbasis teknologi ini melahirkan berbagai layanan jasa keuangan online yang tergabung dalam Asosiasi Fintech Indonesia. Menanggapi hal ini, kesiapan masyarakat Indonesia terhadap fintech perlu dioptimalkan agar mencapai kebermanfaatan bersama.

Kesiapan Masyarakat Indonesia Menggunakan Fintech

Suatu perubahan ke arah yang lebih maju tentunya harus dibarengi dengan persiapan yang matang. Hadirnya sistem keuangan berbasis teknologi atau fintech memerlukan sistem manajemen yang baik dari seluruh pihak yang bersangkutan. Kesiapan masyarakat Indonesia harus dibentuk agar terdapat pengoptimalan sistem fintech dalam setiap sektor.

Mengingat sistem fintech yang menggunakan sistem online, kesiapan masyarakat untuk melek teknologi sangat diperlukan. Kemampuan masyarakat untuk menggunakan jaringan internet lewat gadget sangat diperlukan.

Saat ini sudah banyak masyarakat Indonesia yang paham menggunakan gadget dengan jaringan internet, namun jaringan internet belum merata di seluruh Indonesia. Inilah yang menjadi kendala. Upaya dari pemerintah sangat diperlukan untuk mengatasi hal ini.

Selain berkaitan dengan kemampuan penggunaan internet, masyarakat harus memahami produk, jasa, dan sistem keuangan. Hal ini akan menjadi bekal dalam memilih produk dan jasa keuangan yang terpercaya. Alokasi dana juga akan terkontrol dengan baik.

Pengoptimalan Kesiapan Masyarakat terhadap Fintech

Pihak-pihak terkait seperti pemerintah, lembaga keuangan, praktisi, pengamat ekonomi, akademisi, dan stakeholders lainnya, bisa mendukung perkembangan fintech ini. Berbagai pihak tersebut dapat bersinergi dengan baik dalam mengoptimalkan kesiapan masyarakat Indonesia dalam penggunaan fintech agar memudahkan kegiatan ekonomi.

Asosiasi Fintech Indonesia (Aftech) sudah bergerak untuk menjalankan program edukasi kepada masyarakat terkait fintech. Asosiasi yang terdiri dari perusahaan startup ini menyelenggarakan sosialisasi mengenai apa itu fintech, pentingnya fintech, jenis-jenisnya, cara menggunakannya, serta berbagai hal yang terkait dengan operasionalnya.

Melalui program edukasi tersebut, masyarakat bisa meningkatkan pengetahuan dan kemampuannya tentang fintech. Hal ini akan menghasilkan peningkatan penggunaan fintech yang melancarkan program GNNT (Gerakan Nasional Non-Tunai) dari pemerintah. Kepraktisan transaksi keuangan online juga mendukung lancarnya lalu lintas pembayaran.

Kesiapan masyarakat Indonesia menggunakan fintech harus dioptimalkan. Edukasi fintech oleh Asosiasi Fintech Indonesia bisa bersinergi baik dengan pemerintah dalam meningkatkan kemampuan penggunaan fintech, sehingga mendukung perkembangan fintech di Indonesia. Dalam praktiknya, diperlukan layanan keuangan online terpercaya.

 

More Article

-no article found-