Inspirasi Usaha Kecil Menengah yang Bisa Anda Coba

Usaha Kecil Menengah atau UKM tengah booming sejak beberapa dekade yang lalu. Untuk menjalankan UKM, modal yang dibutuhkan wajib minim. Khususnya untuk yang baru memulai usaha. Contohnya seperti usaha rumahan yang bisa dijadikan inspirasi usaha kecil menengah. Potensi memperoleh laba cukup terbuka lebar. Apa lagi?

Usaha Minuman Cokelat dan Jus Buah

Cokelat dan jus buah, siapa yang tidak suka? Cara memulai usaha ini, Anda hanya perlu modal yang minim. Penawarannya juga minim, sebab permintaan pasar cukup besar. Coba saja Anda jualan cokelat dan jus buah di dekat sekolah. Khususnya untuk kalangan sekolah dasar karena anak-anak banyak yang suka.

Penyajiannya harus menarik dan enak, sebab anak-anak juga suka menilai penampilan makanan. Katakanlah minuman atau es cokelat Anda dibikin dengan paduan gambar kartun yang lagi booming. Kemudian kasih anak-anak bonus 1 tiap kali beli 3. Cara-cara seperti ini pasti bisa membuat mereka jadi pelanggan setia Anda.

Usaha Warung Kopi

Apabila mau usaha warung kopi, maka langkah paling tepat adalah dengan menyewa tempat yang strategis. Warung kopi itu isinya bukan hanya kopi. Wajib ada teman kopi juga, semacam camilan, gorengan, rokok, dan sebagainya. Tambahkan hiburan atau fasilitas gratis seperti televisi, free Wi-Fi, arena permainan biliar, karambol, dan semacamnya.

Modalnya mungkin agak besar. Apabila Anda mau yang lebih murah, pakai saja konsep angkringan. Sewa tempatnya tidak mahal, sebab dibatasi dengan berapa jam sekali mangkal. Lebih baik buka pada waktu malam. Amat jarang pelanggan yang ngopi di siang hari. Ajak seseorang sebagai partner usaha Anda.

Usaha Rumahan

Seperti yang sudah dibahas pada awal tadi, usaha rumahan tergolong UKM yang menjanjikan dengan modal minim. Jenis usaha seperti ini cukup banyak. Khusus untuk UKM, lebih baik fokus sebagai produsen saja ketimbang jualan jasa. Tapi bagus juga kalau mau jualan jasa, sebab yang Anda butuhkan hanya skill yang mumpuni. Misalnya usaha pangkas rambut.

Selain itu, bisnis kue rumahan, siomay, toko kelontong juga punya potensi bagus ke depannya. Saat menjalankan usaha dagang, Anda wajib berhemat. Setiap kali mendapatkan untung, sisihkan dan jangan dipakai. Setelah satu bulan, baru direkapitulasi dan pasang target lebih tinggi bulan depannya. Uang hasil laba baru dipakai setelah modal usaha beres.

Kunci utama usaha rumahan satu, yakni telaten. Begitu pun dengan usaha yang disebutkan sebelumnya. Inspirasi usaha kecil menengah di atas hanya sebagian kecil yang ada di Indonesia. Faktanya, saat persaingan semakin sengit, bisnis UKM mulai banyak yang memutar otak sekreatif mungkin. Itulah tantangan yang harus Anda hadapi di masa depan.

More Article

-no article found-