Saat ini ada banyak sekali fintech yang menyediakan pinjaman dana di Indonesia. Perkembangan fintech Indonesia 2018 sangat menjamur. Anda harus pilih fintech Indonesia terbaik untuk bisa dapat pinjaman yang tepat. Tapi, sebelum itu bagaimana caranya menentukan besaran pinjaman yang pas sesuai kebutuhan?

Perhatikan Suku Bunga

Hal pertama yang harus Anda perhatikan sebelum meminjam dana agar sesuai kebutuhan adalah dengan memperhatikan suku bunga. Bunga yang ditetapkan lembaga pinjaman berbeda-beda. Pilihlah yang paling terjangkau dan sesuai dengan kemampuan Anda. Kenapa? Besaran bunga ini sangat berpengaruh dengan besarnya angsuran yang harus dibayar.

Sesuaikanlah jumlah pinjaman yang Anda ambil dengan kesanggupan membayar tiap bulannya. Dengan begitu, Anda tak akan kesulitan dan mengalami kredit macet setelah jatuh tempo.

Jangka Waktu Pembayaran

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan jangka waktu pembayarannya. Saat ini ada tiga pilihan waktu pembayaran yang tersedia. Yaitu pendek, menengah dan panjang. Semakin panjang jangka waktu pembayaran, maka makin sedikitlah jumlah angsuran yang harus dibayarkan tiap bulannya.

Sedangkan semakin pendek jangka waktu yang dipilih, maka makin besarlah dana yang harus Anda bayarkan. Oleh sebab itu, buatlah perhitungan sesuai dengan penggunaan dananya lebih dulu. Sesuaikan dengan kesanggupan Anda agar Anda tak susah nantinya.

Proses Pencarian

Lalu, pertimbangkan juga proses pencairan dananya. Seberapa lamakah Anda harus menunggu sampai dana tersebut sampai di tangan Anda. Ini tak boleh disepelekan karena Anda juga butuh mendesak, kan? Maka, pilihlah penyedia pinjaman yang menyediakan proses pencairan yang mudah dan tak berbelit-belit sehingga bisa dimanfaatkan secepatnya.

Biaya Lainnya

Jangan lupa untuk memperhatikan biaya lain yang harus Anda keluarkan ketika meminjam dana. Dengan begitu, Anda bisa menyesuaikan pembayaran dengan dana dan kebutuhan Anda. Biasanya, setiap lembaga peminjaman akan memberlakukan biaya sampingan seperti biaya aplikasi, biaya aktivasi, biaya administrasi dan lainnya.

Meski jumlahnya terlihat tak banyak, Anda tetap harus memperhitungkannya. Selain itu, perhatikan juga besaran denda yang harus dibayarkan bila nanti mengalami kredit macet atau terlambat bayar. Penting bagi peminjam untuk mengetahui hal itu guna bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan dana yang dimiliki.

Nah, setelah mengetahui hal apa yang harus Anda lakukan ketika memilih fintech Indonesia 2018 untuk meminjam dana, mau pinjam dana di mana sekarang? Saat ini, ada banyak fintech Indonesia terbaik yang menyediakan pinjaman dengan bunga rendah dan proses yang cepat. Tinggal Anda sendiri putuskan mau pilih yang mana.

More Article

-no article found-