Prinsip Dasar Asuransi Syariah yang Perlu Anda Tahu

Setiap orang pasti pernah mendengar yang namanya asuransi. Salah satu contoh asuransi yang ada di Indonesia adalah asuransi syariah. Sebenarnya, apa pengertian asuransi syariah itu? Bagaimana prinsip dasar asuransi syariah yang diterapkan di Indonesia? Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihatnya di bawah ini!

Apa Itu Asuransi Syariah dan Bedanya dengan Asuransi Konvensional?

Asuransi syariah sebenarnya adalah sebuah usaha untuk saling menolong dan melindungi di antara sejumlah orang sesuai syariat. Di Indonesia, sudah ada banyak produk asuransi syariah dalam bidang kesehatan maupun jiwa. Asuransi ini dikeluarkan oleh perusahaan asuransi swasta. Perbedaannya dengan asuransi konvensional bisa dilihat dari pengelolaan risiko.

Bisa juga dari pengelolaan dana, sistem perjanjian yang lebih halal karena sesuai syariah serta kepemilikan dana. Dalam hal pembagian keuntungan Anda juga bisa melihat perbedaannya dengan baik. Juga, perbedaan tersebut bisa dilihat dari klaim dan layanan yang diberikan untuk setiap nasabah asuransi. Para nasabahnya juga diberikan kewajiban untuk berzakat.

Lalu, Bagaimana Prinsip Dasar dari Asuransi Syariah

Berbeda dengan asuransi konvensional, asuransi syariah menjalankan prinsip tauhid. Dalam prinsip ini, niat yang mendasari kepemilikan asuransi bukan untuk memperoleh keuntungan semata, namun juga untuk saling tolong menolong ketika terjadi musibah di kemudian hari. Selain itu, asuransi syariah juga mengamalkan prinsip keadilan.

Maksudnya adalah baik nasabah ataupun pihak perusahaan asuransi harus berkeadilan terkait dengan hak dan kewajiban masing-masing sehingga tidak ada yang merasa terzalimi. Lalu, prinsip tolong menolong juga dianut oleh asuransi syariah. Sesama nasabah asuransi syariah diharapkan mampu saling berderma dan saling membantu satu dengan yang lainnya.

Prinsip kerja sama juga dianut oleh asuransi syariah ini. dalam prinsip ini nasabah dan perusahaan mengelola dananya secara bersama-sama dengan perjanjian atau akad yang telah disepakati sejak awal. Dengan demikian, kedua belah pihak memiliki kewajiban yang seimbang.

Prinsip lainnya yang dianut oleh asuransi syariah adalah prinsip amanah. Dalam prinsip ini, diharapkan nasabah bisa bersikap jujur dan pihak perusahaan juga tak mengada-ada mengenai premi. Prinsip lainnya adalah menghindari riba. Artinya, semua dana yang dibayar nasabah akan diinvestasikan berdasarkan prinsip syariah.

Ketika membeli asuransi, Anda pasti mengharapkan jaminan atas berbagai risiko dan tetap sesuai dengan agama. Prinsip dasar asuransi syariah yang dianutnya pasti penuhi kriteria Anda, kan? Pengertian asuransi syariah memang berbeda dengan asuransi konvensional. Oleh karena itu, ini sangat cocok untuk Anda yang ingin memiliki asuransi sesuai agama.

More Article

-no article found-